Jeruk Sumber Vitamin C Dan Manfaat Buah Jeruk

Posted By : Eva Juitasari
Jeruk

Jeruk adalah salah satu buah paling populer di dunia , karena rasanya yang enak dan bergizi.Selain rasanya yang enak juga buah jeruk sumber vitamin C yang baik dan banyak manfaat buah jeruk yang bisa kita ambil.

Asal usul buah jeruk sebenarnya masih menjadi misteri, tetapi penanaman jeruk diperkirakan telah dimulai di Asia timur pada ribuan tahun yang lalu. Saat ini, mereka ditanam di sebagian besar wilayah hangat di dunia dan dikonsumsi segar atau sebagai bisa diolah menjadi minuman jus.

Jeruk adalah sumber serat, vitamin C, tiamin, folat, dan antioksidan yang sehat. Karena alasan ini, mereka dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan batu ginjal. serta memiliki banyak manfaat lainnya bagi kesehatan. buah jeruk ini juga merupakan tambahan yang bagus untuk diet sehat.

Nutrisi Vitamin Dan Mineral

Jeruk terutama terdiri dari karbohidrat dan air. Mereka juga merupakan sumber serat yang baik, yang dapat mendukung kesehatan pencernaan.

Buah jeruk memiliki kandungan nutrisi berupa karbohidrat dan air, dengan sedikit protein dan lemak serta sedikit kalori. Buah jeruk memiliki gula sederhana seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa adalah bentuk karbohidrat yang dominan pada jeruk. Mereka bertanggung jawab atas rasa manis buah itu dan tingkat rasa manis pada buah jeruk berbeda-beda tergantung dari matangnya buah tersebut dan juga karena beragamnya jenis buah jeruk.

Jeruk merupakan sumber serat yang baik. Serat utama yang terdapat pada jeruk adalah pektin, selulosa, hemiselulosa, dan lignin. Serat makanan dikaitkan dengan banyak efek kesehatan yang bermanfaat, termasuk peningkatan kesehatan pencernaan, penurunan berat badan, dan kolesterol.

Vitamin dan mineral ditemukan dalam buah jeruk yaitu vitamin C, tiamin, folat, dan kalium.

Vitamin C
Jeruk adalah sumber vitamin C yang sangat baik. Kandungan vitamin C yang terbanyak dibandingkan vitamin lainnya pada buah jeruk. Manfaat vitamin C diantaranya melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan memelihara daya tahan tubuh.

Tiamin
Salah satu vitamin B atau juga disebut vitamin B1. Tiamin adalah vitamin yang berperan dalam penggunaan karbohidrat menjadi sumber energi bagi tubuh. Tiamin juga membantu menjaga fungsi saraf agar tetap baik.

Folat
Juga dikenal sebagai vitamin B9 atau asam folat. Folat memiliki banyak fungsi penting dan ditemukan di banyak makanan nabati.

Kalium
Jeruk juga sumber kalium yang baik . Asupan kalium yang tinggi dapat menurunkan tekanan darah pada orang yang sudah memiliki tekanan darah tinggi dan dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Asam Sitrat
Jeruk dan buah jeruk jenis lainnya memiliki tinggi asam sitrat dan sitrat yang berkontribusi pada rasa asamnya. Asam sitrat dan sitrat dari jeruk diyakini dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal.


Jeruk juga mengandung berbagai senyawa yang diyakini bertanggung jawab atas banyak efek kesehatan yang bermanfaat. Dua golongan utama senyawa antioksidan pada jeruk adalah karotenoid dan fenolat terutama flavonoid jeruk ( Hesperidin dan Antosianin ) yang berkontribusi pada sebagian besar sifat antioksidannya.

Manfaat Jeruk Untuk Kesehatan

Konsumsi jeruk secara teratur bermanfaat bagi kesehatan. Jeruk dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan membantu mencegah batu ginjal. Meskipun tidak kaya zat besi, buah jeruk juga dapat melindungi dari anemia dengan meningkatkan penyerapan zat besi Anda.

Kesehatan Jantung
Penyakit jantung saat ini merupakan penyebab kematian dini paling umum di dunia. Flavonoid terutama hesperidin dalam jeruk dipercaya memiliki efek perlindungan terhadap penyakit jantung. Rutin mengkonsumsi jeruk akan memiliki efek pengencer darah dan dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan. Serat juga ikut berperan, asupan serat terisolasi dari buah jeruk telah terbukti menurunkan kadar kolesterol darah. Secara keseluruhan konsumsi jeruk secara teratur dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Pencegahan Batu Ginjal
Jeruk merupakan sumber asam sitrat dan sitrat yang baik, yang dipercaya dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal. Kalium sitrat sering diresepkan untuk penderita batu ginjal. Sitrat dalam jeruk memiliki efek yang serupa.

Pencegahan Anemia
Anemia adalah suatu kondisi yang ditandai dengan rendahnya kadar sel darah merah atau hemoglobin, sehingga kemampuannya untuk membawa oksigen dalam darah menurun. Ini sering disebabkan oleh kekurangan zat besi. Meskipun jeruk bukan sumber zat besi yang cukup, jeruk merupakan sumber asam organik yang sangat baik, seperti vitamin C ( asam askorbat ) dan asam sitrat. Baik vitamin C dan asam sitrat dapat meningkatkan penyerapan zat besi dari saluran pencernaan. Sehingga bila dimakan dengan makanan yang kaya zat besi, jeruk dapat membantu mencegah anemia.

Perbedaan Konsumsi Buah Jeruk Dengan Jus Jeruk

Seperti yang kita ketahui jus jeruk adalah minuman populer di seluruh dunia. Jus jeruk memberikan kita cara konsumsi jeruk dengan cara yang mudah, cepat dan nikmat. Akan tetapi memiliki perbedaan dengan konsumsi buah jeruk secara utuh langsung tanpa diolah. Salah satu perbedaan utama antara jus jeruk murni dan makan buah jeruk utuh adalah bahwa minum jus jeruk jauh lebih rendah kandungan seratnya, serta jus jeruk terkadang diberi tambahan gula untuk memberikan rasa manis yang nikmat. Akibatnya, konsumsi jus buah seringkali menjadi berlebihan dan dapat menyebabkan penambahan berat badan dan masalah kesehatan. Ini berlaku terutama untuk minuman jus yang mengandung tambahan gula. Meskipun minuman jus jeruk berkualitas bisa menyehatkan, makan buah jeruk secara lansung dan utuh merupakan pilihan yang jauh lebih baik.

Artikel Terbaru

Bibit Kefir Air

Buah Buahan



Artikel Lainnya :

Manfaat Dari Buah Kelapa Daging Kelapa Dan Air Kelapa

Kelapa Muda

Beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh kita dari buah kelapa yang kita konsumsi daging kelapa dan air kelapa yang nikmat dan segar.

Kandungan Gizi Buah Stroberi Dan Manfaat Bagi Kesehatan

Stroberi

Buah Stroberi merupakan buah yang kaya gizi dan rasa yang enak selain itu bermanfaat bagi kesehatan.

Macam Jenis Gula Untuk Membuat Water Kefir

Gula Pasir

Macam jenis gula untuk membuat water kefir cukup beragam dan setiap jenis gula akan mempengaruhi rasa water kefir dan kesehatan butir kristal alga.

Memilih Bahan Peralatan Yang Tepat Untuk Budidaya Bibit Kefir

Peralatan Budidaya Alga

Memilih bahan peralatan yang tepat untuk budidaya bibit kefir dapat membuat bibit alga tetap sehat dan aman selama budidaya berlangsung.


Komentar

Nama *

Email *
  ( tidak dipublikasikan )
Telp *
  ( tidak dipublikasikan )
Komentar *

Captcha *
Captcha