Memilih Sumber Air Untuk Membuat Water Kefir

Posted By : Eva Juitasari
Mata Air

Memilih sumber air yang baik untuk membuat water kefir merupakan hal yang penting karena berdampak pada kesehatan bibit kefir. Bibit water kefir dapat mengambil manfaat dari air dengan kandungan mineral yang tinggi. Beberapa sumber air yang baik dapat secara alami memiliki kandungan mineral tinggi dan ideal untuk membuat water kefir.

Mata Air Alami

Berasal dari tanah pegunungan yang terjadi karena air permukaan meresap ke dalam tanah kemudian mengalir melalui retakan dan celah di dalam tanah sampai gua bawah tanah dan mengalir, pada akhirnya akan menyembur keluar dari bawah tanah menuju permukaan dalam bentuk mata air. Biasanya mengandung mineral tinggi yang dapat berpengaruh baik untuk water kefir.

Air Sumur

Umumnya berasal dari tanah pribadi atau wilayah tertentu yang digali hingga pada kedalaman tertentu. Pemilik sumur harus selalu memperhatikan dan memeriksa kandungan air sumur dari kontaminasi mikroba dan kontaminasi kimia pada setiap tahunnya. Apabila sudah tercemar akan berdampak tidak baik untuk bibit kefir.

Air Ledeng

Biasa disebut Air PAM berasal dari sumber air pada suatu kota. Sumber air ini bisa dari sumur, sungai, atau air yang dikumpulkan dalam berbagai cara lalu diolah agar menjadi bersih kemudian didistribusikan ke rumah penduduk melalui pipa. Biasanya mengandung klorin atau chloramines dan fluoride yang harus dihilangkan untuk menjaga budidaya algae tetap sehat dan menghasilkan produk jadi yang terbaik.

Jika menggunakan air ledeng, kami sarankan lakukan penyaringan untuk menghilangkan bahan kimia dan kontaminan sebanyak mungkin. Jika penyaringan tidak mungkin, bisa dengan cara mendidihkan selama + - 20 menit untuk menghapus setidaknya klorin atau membiarkan air tersebut pada suatu wadah selama 24 jam juga akan memungkinkan klorin menguap. Sebaiknya tidak menggunakan air ledeng yang mengandung kaporit tinggi karena kaporit akan membunuh microorganisme yang ada pada bibit water kefir.

Air Minum Kemasan

Minuman kemasan dalam botol plastik sekarang ini hampir tersedia di mana saja. Semua mini market atau warung kecil tersedia minuman kemasan. Selalu periksa label karena terdapat keterangan sumber mata air pada botolnya, bila sumber air yang dikumpulkan dari sungai atau pengaliran atau bahkan air sumur kota mungkin minuman tersebut telah ditambahkan zat lainnya.

Air Suling

Adalah jenis air minum kemasan yang sepenuhnya telah dimurnikan. Air suling, RO ( reverse osmosis ) dan lainnya yang telah disaring melalui alat filter umumnya sering memiliki kandungan mineral yang sangat rendah atau bahkan tidak ada. Jika ketika menggunakan jenis ini dan kemudian bibit water kefir anda tampak lesu atau tidak aktif fermentasi, mungkin ada cara membantu untuk menjadi lebih baik dengan menggunakan gula mengandung mineral yang tinggi atau menambahkan suplemen mineral untuk air anda.

Memelihara Alga Kristal

Memelihara Alga

Memelihara alga kristal tidaklah sulit tetapi dibutuhkan ketekunan dan rutin dalam mengganti air rendaman alga dan selalu menjaga kebersihan wadah.

Memilih Bahan Peralatan Yang Tepat Untuk Budidaya Bibit Kefir

Peralatan Budidaya Alga

Memilih bahan peralatan yang tepat untuk budidaya bibit kefir dapat membuat bibit alga tetap sehat dan aman selama budidaya berlangsung.

Macam Jenis Gula Untuk Membuat Water Kefir

Gula Pasir

Macam jenis gula untuk membuat water kefir cukup beragam dan setiap jenis gula akan mempengaruhi rasa water kefir dan kesehatan butir kristal alga.


Pemesanan

Pemesanan pembelian kristal alga jepang bibit water kefir silahkan hubungi kami melalui telp, sms atau whatsapp :

Pemesanan

Jln. Kakap I No.9 Perumnas Minomartani, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Kodepos 55581.

Produk

Produk

Kami menjual produk kristal alga jepang bibit water kefir ini lengkap dengan gratis toples, kismis, panduan pemakaian dan perawatan.