Asal Usul Bibit Kefir

Posted By : Eva Juitasari
Bibit Kefir

Asal usul bibit kefir masih belum diketahui secara pasti dan jelasnya dari mana dan kapan butir kefir air berasal, tetapi telah digunakan selama berabad-abad. Salah satu spekulasi mengarah ke negara Meksiko sebagai tempat yang paling mungkin bibit water kefir itu berasal.

Menurut beberapa penelitian, bentuk budidaya bibit kefir berasal pada bantalan dari kaktus Opuntia sebagai butiran yang agak keras dan dapat dikembangbiakkan di dalam larutan air gula sebagai cara memperbanyak atau membudidayakan butiran bibit kefir. Ada dokumentasi dari akhir tahun 1800 an dimana butir bibit kefir air yang digunakan dalam minuman fermentasi yang terbuat dari jus manis dari kaktus pir berduri di Meksiko. Namun demikian, banyak cerita yang menempatkan asal usul bibit kefir atau setidaknya menggunakan butiran tersebut berlokasi di pegunungan Kaukasus dan semenanjung selatan Ukraina.

Untuk menentukan tempat asal usul menjadi lebih sulit karena budidaya bibit water kefir hampir dapat ditemukan di seluruh dunia. Disetiap wilayah atau negara memiliki nama tersendiri yang berbeda-beda untuk butiran kefir tersebut. Terlepas dari nama yang digunakan untuk butiran kefir air, tidak ada cara budidaya yang persis sama secara detail namun cara membuat budidaya dan teknik untuk menggunakan butiran tersebut pada dasarnya sama di seluruh dunia. Selain itu karena mudahnya cara untuk membudidayakan bibit kefir tersebut sehingga penyebarannya juga cukup mudah dan tidak terkendala oleh kondisi iklim disetiap wilayah. Kurangnya sejarah yang tercatat juga membuat sulit untuk menentukan waktu dan tanggal asal usul bibit kefir tersebut, tetapi nampaknya butiran ini telah digunakan sejak lama dan selama berabad-abad.

Sumber
  1. Pidoux, M. (1989). The microbial flora of sugary kefir grain (the gingerbeer plant): Biosynthesis of the grain from Lactobacillus hilgardii producing a polysaccharide gel. World Journal of Microbiology and Biotechnology,5(2), 223-223.
  2. Waldherr, F. (2010). Identification and characterization of a glucan-producing enzyme from Lactobacillus hilgardii TMW 1.828 involved in granule formation of water kefir. Food Microbiology,27(5), 672–678-672–678.
  3. Lutz, M. (1899). Recherches biologiques sur la constitution du Tibi. Bulletin De La Societe Mycologique De France,15, 68-72.M

Nama Bibit Water Kefir

Butir kefir air atau bibit kefir dikenal dengan berbagai nama, namun yang paling sering disebut adalah tibicos, water kefir grains, kristal alga jepang dan california bees. Kadang butiran tersebut juga dapat dinamai sebagai australian bees, african bees, ginger bees, ginger beer plant, untuk beberapa nama ada juga aqua gems atau sea rice.

Setiap negara yang berbeda menamakan bibit kefir dengan nama yang berbeda pula, contohnya di Jerman menamai dengan nama Piltz, di Italia menamai dengan nama Kefir di Frutta dan di Perancis menamai dengan nama Graines Vivantes, di Meksiko menamai dengan nama tibicos atau tibi, dan untuk di Indonesia sering dinamakan dengan nama kristal alga jepang.

Tentang Alga Kristal

Alga Kristal

Tentang alga kristal merupakan butiran atau bijian yang berbentuk seperti kristal kecil dimana setiap butirnya mengandung bakteri, ragi dan polisakarida.

Awal Perkenalan Saya Dengan Kristal Alga Jepang

Kenal Kristal Alga Jepang

Awal perkenalan saya dengan kristal alga jepang atau bibit kefir ketika itu kira-kira pada bulan Januari tahun 2012.

Manfaat Alga Kristal

Sehat

Manfaat Alga Kristal menghasilkan minuman air kefir yang dapat menjaga kesehatan secara optimal, memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.


Pemesanan

Pemesanan pembelian kristal alga jepang bibit water kefir silahkan hubungi kami melalui telp, sms atau whatsapp :

Pemesanan

Jln. Kakap I No.9 Perumnas Minomartani, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Kodepos 55581.

Produk

Produk

Kami menjual produk kristal alga jepang bibit water kefir ini lengkap dengan gratis toples, kismis, panduan pemakaian dan perawatan.